Minggu, 06 Januari 2013

Chocolate Chip Banana Upside Down Cake

Cake ini saya buat diakhir tahun 2012 kemaren.  Waktu itu nggak ada perayaan apa-apa sih, setelah berhasil nyobain Plum Upsidedown Cake, saya memang ingin mencoba dengan pisang.  Kebetulan  ada stok pisang yang matang, langsung kepikiran untuk nyobain.  Ternyata enak ..hihihi..begini nih  yang telat belajar baking :)




Resepya saya ambil dari  Palachinkablog.com dengan modifikasi terutama dikomposisi gulanya.  Alhamdulillah manisnya jadi pas banget, sesuai selera :).  Biar tambah rame rasanya, saya juga menambahkan chocolate chips ke adonan.






Karena baru pertama nyoba, saya belum berani membuatnya tanpa baking powder, saya hanya mengurangi jumlahnya.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

Bahan Topping/karamel :

85 g gula pasir
75 g margarine

Bahan Cake :

250 g tepung terigu
1 sdt baking powder (diresep 2 sdt)
150 g gula tepung
125 g margarine, cairkan
2 butir telur
80 ml susu cair
2 buah pisang, saya memakai pisang plantain, iris tipis melingkar.
2 sdm chocolate chips

Cara membuatnya :


1.  Olesi loyang dengan margarine.  saya pakai loyang lingkaran diameter 
2.  Cairkan margarine dan gula pasir untuk topping sampai gula bener-bener hancur dan campuran berbusa.
3.  Tuang ke dalam loyang, susun pisang yang sudah dikupas dan diris tipis di atasnya. Sisihkan
4.  Di mangkok lain , ayak tepung terigu, baking powder, dan tepung gula.
5.  Kocok telur dan susu, campur ke bahan kering.  masukkan juga mentega yang sudah dicairkan. Aduk rata
6.  Tambahkan chocolate chips, aduk lagi hingga benar-benar rata.
5. Tuang ke loyang yang telah dilapisi pisang.
8.  Oven sampai matang, 30 - 40 menit, uji dengan metoda tusuk.





Sore itu Clara sedang main dengan Eya, anak tetangga jadi sekalian saya ajak untuk nyobain cakenya.  Begitu nyoba dia langsung " C'est tres bon, Clara".  Yess...dia suka  katanya kuenya enak banget hehhe...

Happy cooking ya ^_^

3 comments:

Annadina on 6 Januari 2013 17.41 mengatakan...

Cakep mba, kalo metode muffin gini (bahan cair masuk ke bhn kering) memang ngembangnya dari baking powder kayaknya ya ... ini pake pisang kepok bisa kan? pengen cobain ^^

Erikasari on 6 Januari 2013 23.49 mengatakan...

iya mba Annadina, makanya nggak berani nyekip baking powdernya...

pake pisang kepok bisa mba, oh ya plantain kayaknya mirip dengan pisang tanduk, mungkin pakai pisang tanduk juga bisa mba...makasih ya :)

maya muninggar on 12 Maret 2014 15.55 mengatakan...

mmm...yummy bgt mba...itu kocok telur nya sampai kental berjejak atau cukup ngembang saja ya? trims....

Posting Komentar

 

Erikasari.com - Blog :: Sewing - Cooking - Crafting - Photographing Copyright © 2015 Design by cutelittleowl.com