Senin, 19 November 2012

Miso Siantar

Beberapa hari yang lalu suami nunjukin foto di Blackberry, ternyata ada temen di grup BBM nya yang ngirim gambar miso siantar.   O..o...sepertinya ada yang lagi rindu kampung halaman nih.  Enaknya sih dicuekin aja yah....masak miso kan refoott hehhe...Tapi berhubung saya dan anak-anak suka ya dimasak deh ^_^

Miso salah satu jajanan yang populer tidak hanya di kota Siantar tapi mungkin di seluruh kota di Sumatera Utara. Kalau dilihat sih sepertinya sederhana dan biasa banget hanya mie kuning, bihun, irisan daging, ayam goreng, seledri, bawang goreng dan kuah.  Tapi nyatanya makanan ini so yummyy.  Gurih dan harum aroma rempah di kuahnya istimewa.

Karena permintaan yang lagi rindu kampung, miso kali ini saya buat dengan tambahan daging sapi ^_^






Bahan-bahan :

300 g  mie kuning, rebus dan tiriskan
100 g bihun, rebus dan tiriskan
100 g toge, rebus dan tiriskan *optional
400 g daging sapi , biarkan utuh atau jangan dipotong kecil
1/2 ekor ayam, saya makai potongan dada dan sayap
1 buah tomat
1 batang serai
2 batang daun bawang, iris panjang
Gula, garam dan merica secukupnya
Minyak untuk menumis

Rempah :

5 buah cengkeh
2 buah bunga lawang
1/2 buah pala
2 cm kayu manis
3 buah kapulaga


Bumbu halus :

12 buah bawang merah
8 buah bawang putih , bersama bawang merah bakar sebentar di atas api, sampai warnanya berubah dan bawang menjadi lembut. Oh ya..saat dibakar kulitnya jangan dikupas.  Kulit baru dikupas setelah dibakar.
1 ruas jahe
1 buah kemiri

Pelengkap :

3 batang seledri, iris halus
Sambal
Telur puyuh rebus
Kerupuk
Kecap manis
Saus cabe


Cara membuatnya :

1.  Rebus daging sapi bersama daun serai, semua rempah dan sedikit garam sampai daging lembut.  Angkat daging dan sisihkan.
2.  Jika mau buang atau saring lemak yang ada di atas air rebusan daging.  Tambahkan air ke air rebusan  daging hingga menjadi 2 liter.  Masukkan ayam lalu rebus hingga ayam lembut. Setelah lembut  angkat, taburi sedikit garam lalu goreng ayam hingga kecoklatan.
3.  Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum.  Sebelum diangkat masukkan irisan daun bawang masak sebentar lalu angkat dan masukkan ke air kaldu.
4.  Didihkan kembali air kaldu, tambahkan tomat, garam, gula dan merica. Angkat, taburi bawang goreng.

Dan ini nih jadinya segala pernik untuk miso

Mie kuning, bihun dan toge



Daging sapi, Ayam goreng, kuah miso dan bawang goreng



Pelengkap yang bikin makan miso makin maknyuuss hehe..





Dan ini cara menyajikannya :

1.  Di mangkok, taruh mie kuning, bihun, toge,  irisan daging ayam goreng  dan  irisan daging sapi.
2.  Beri kuah.
3.  Beri taburan seledri dan bawang goreng.
4.  Beri pelengkap lainnya.

Siap deh....

Kerepotan terbayarkan......nyam.....nyam.....

Happy cooking ya ^_^

7 comments:

nickeJJ on 19 November 2012 02.55 mengatakan...

wah...teteh taunya cuma rempah bunga lawang doang, sama ga nih sama misop Medan..??

Erikasari on 19 November 2012 05.08 mengatakan...

sama teh...cuma orang siantarnya aja kali ya yang suka bilang beda hehehhe...makasih udah mampir ya teh :)

Rina Audie on 19 November 2012 17.50 mengatakan...

begitu baca resepnya yang pake rempah, langsung ngebayangin kuahnya pasti juara. Jadi ngiler, cleguks...

Erikasari on 19 November 2012 23.37 mengatakan...

kudu..harus..wajib nyobain pokonya mah mba Rina Audie :)

fitri ansari lubis on 25 November 2012 08.34 mengatakan...

Pakek sate kerang mantap tuh buk

Erikasari on 25 November 2012 12.33 mengatakan...

hihiihi..di sini nggak pernah nemu kerang Fit, ntar kalo nemu langsung ngemiso lagi deh :)

amanda felicia on 18 Desember 2014 22.49 mengatakan...

Mmmm,resepnya sama kyk ibu yg di ajarin ibu qu,kbetulan ayah qu memng dari siantar mbak !!kbetulan bsok pagi ibu dan ibu mertua dtg ne krumah!!siap deh di eksekusi bumbu2 nya,di tumis bentar trus masukin kulkas!!bsok baru d buat miso nya !!!

Posting Komentar

 

Erikasari.com - Blog :: Sewing - Cooking - Crafting - Photographing Copyright © 2015 Design by cutelittleowl.com