Selasa, 15 Januari 2013

Telling the Time

Hai..hai.....senangnya bisa nulis lagi....

Sepertinya saya semakin sulit aja nih mencari kesempatan untuk menulis di blog, kenapa ya? Pekejaan rumah yang semakin buanyak atau sayanya yang makin lambat (faktor 'u') ? Nggak tau deh, saya aja bingung jawabnya apalagi anda ya moms hehhe...

Kali ini saya mau cerita tentang perbedaan waktu Abidjan dan Indonesia bagian Barat.  Nah lo, ngapain di bahas yang beginian? hehhe...Rasa ingin tahu Tegar (5 tahun) tentang waktu ternyata belum selesai.  Setelah dia mau tahu tentang waktu aktifitas dia sehari-hari (prakaryanya di sini), sekarang dia mau tahu tentang perbedaan waktu di Abidjan dan di Indonesia bagian Barat.  Berkali-kali dia tanya tentang perbedaan waktu ini, "Adek mau  sekolah, kalau di Indonesia jam berapa, Ma?", " Di sini sore, di Indonesia jam berapa?", " Kalau adek bobok, di Indonesia jam berapa?"  ai..ai....udah harus dibikinkan sesuatu kalau udah begini sih  :)


Waktu di Abidjan, Ivory Coast, West Africa





Waktu di Indonesia bagian Barat






Prakarya yang kami buat menggunakan kotak lingkaran bekas cheese cream, kertas warna, spidol, pipe cleaner, pita, gunting dan lem.


Dan begini cara kami membuatnya :


1.  Lapisi permukaan kotak dengan kertas warna, masing-masing dengan warna yang berbeda, beri lubang di bagian tengahnya.  Tulis angka disekeliling kotak seperti jam.
2.  Gunting pipe clener (bisa juga menggunakan kawat yang sudah ditutup dengan kertas) 2 buah, yang satu gunting lebih pendek.  Masukkan ke lubang pada kotak.
3.  Minta anak untuk menuliskan Indonesia dan nama kota yang kita inginkan. Rekatkan dengan meletakkan pita dibagian tengahnya.
4.  Beri pita di salah satu sisi  kotak.
5.  Tutup dengan bagian yang lain.
6.  Jam selesai .



Terus gimana menggunakannya?  Abidjan dan WIB beda waktunya 7 jam, dan matahari lebih dulu terbit di WIB.  Tiap kali Tegar nanya tentang waktu di Indonesia, saya minta dia memegang jam ini.  Misalkan di Abidjan jam 3 sore, buat posisi jarum jam di jam 3 lalu saya minta Tegar untuk memutar jarum kecilnya sebanyak 7 langkah ( melewati tiap jam) dan berhenti di jam 10  artinya di WIB jam 22.00 atau jam 10  malam.  Anda bisa mengganti nama kota sesuai keinginanya moms :)


Waahh..Tegar senang banget lho moms.  Apalagi mamanya ..seneng banget, prakarya sesederhana itu bisa bercerita banyak tentang waktu :)

Nah agar lebih lengkap, anda bisa bercerita kenapa terjadi perbedaan waktu.  Saat bercerita tentang ini saya menggunakan bola Tegar yang kebetulan seperti bola bumi dan senter.  Andaikan senter adalah matahari.  Bumi mengelilingi matahari, saat kena cahaya matahari, artinya siang hari dan sebaliknya, malam jika tidak disinari matahari. Kalau urusan cerita begini sih, anda pasti lebih pinter ya moms, saya nyeritainnya sederhana banget :)

Oh ya yang di foto ini buminya agak miring karena nggak dipegang, harusnya tegak lurus ya :)




Happy crafting ^_^

4 comments:

Rina Audie on 15 Januari 2013 01.42 mengatakan...

cara nerangin perbedaan waktu sama dengan diriku. Pake globe dan senter. Toss...

Erikasari on 15 Januari 2013 02.05 mengatakan...

hihihi..emang ini yang gampang mba :)

Ardita on 15 Januari 2013 17.24 mengatakan...

hehehehehhe ide bagus iki mba hehehhe

Erikasari on 15 Januari 2013 23.56 mengatakan...

bagus untuk ngediemin anak mba...jadi nggak banyak tanya lagi hehhe...

Posting Komentar

 

Erikasari.com - Blog :: Sewing - Cooking - Crafting - Photographing Copyright © 2015 Design by cutelittleowl.com