Senin, 24 Desember 2012

Mini Donuts with Chocolate Cheese Filling

Liburaaaaaann....pastinya seneng banget ya moms.  Saya juga seneng, paling tidak selama beberapa saat ini saya nggak perlu pusing mikirin menu lunch box :).  Kalo lagi liburan gini, menu camilan apa yang harus selalu ada di rumah anda moms? kalau di rumah saya sih...donut.  Liburan bener-bener saatnya ngedonut.  Anak-anak suka banget, saya dan suami juga suka :).  Donut yang gurih, manis dan cantik mmhh....pokoknya it's time for donut deh.


Donut kali ini saya isi dengan coklat dan keju. Kebayang dong gimana rasanya..nyam..nyaamm...
Tapi karena jarang bikin yang pake isi, ternyata nggak mudah ya bikin bentuknya tetep cantik.  Malah ada yang pecah, isinya jadi sedikit keluar.  Mungkin karena kebanyakan ngasi isinya.  So. yang mau cobain, selain adonan donutnya harus bener-bener lembut agar mudah dibentuk, hati-hati juga saat mengisinya.







Adonan donutnya, saya pakai yang biasa aja.  Karena menurut saya pakai resep ini juga sudah ok.


Bahan-bahan

250 g tepung terigu
1 sdt ragi instant
1 sdm gula pasir
1 sdm susu bubuk
1 butir telur
100 ml air dingin
40 g margarine
Seujung sdt garam
Minyak untuk menggoreng

Bahan Isi

150 ml susu cair (UHT)
50 g dark cooking chocolate. iris halus
4 slice keju
1 sdm gula pasir


Topping

Bahan isi
Sprinkle


Cara Membuatnya :

Dimulai dengan membuat isi :

1.  Campur semua bahan isi, masak hingga coklat dan keju cair.
2.  Dinginkan sebelum diisi ke adonan donut.


Donut :


1.  Campur bahan kering : tepung terigu, gula pasir, susu bubuk dan ragi.
2.  Tambahkan  telur dan air, penambahan air sedikit demi sedikit , hentikan jika adonan sudah cukup lembut, uleni sampai rata.
3.  Tambahkan margarine dan garam, uleni sampai kalis .
4.  Diamkan sampai mengembang 2 kali lipat (30-45 menit).
5.  Kempiskan adonan, bagi menjadi 20 bagian lalu bulatkan.  Agar besarnya sama, membagi adonan bisa dengan menggunakan timbangan.  Kebetulan saya sukanya yang gampang, adonan saya bagi seperti cara membuat baso. genggam adonan lalu keluarkan sedikit demi sedikit dari antara ibu jari dan telunjuk.
6.  Isi masing-masing bulatan adonan dengan bahan isi. Selagi mengisi adonan panaskan minyak dengan api kecil.  Selesai mengisi, minyak sudah panas dan adonan yang pertama di isi bisa langsung di goreng.






Selanjutnya dinginkan donut, beri topping sisa bahan isi dan hias dengan sprinkle atau bahan lain seperti meses.





Ukuran donutnya yang kecil, pas banget jadi camilan anak-anak.  Buat kita juga loh moms, jadi nggak takut makannya *urusan berat badan :)





Mudah, enak dan semua suka.  Alhamdulillah....

Happy cooking ya...

4 comments:

Rina Audie on 24 Desember 2012 01.21 mengatakan...

kalo ngemil yang mini gini bisa makan 5-6 sekaligus nih, hahaha...
parade fotonya ca'em nih. sukaaa....

Erikasari on 25 Desember 2012 04.49 mengatakan...

hihihii..beneeerr..padahal niatnya bikin kecil-kecil biar nggak banyak makannya loh mba Rina Audie :)

Annadina on 26 Desember 2012 13.33 mengatakan...

ukurannya pas bener...sekali hap :)

Erikasari on 27 Desember 2012 09.21 mengatakan...

hehehehe...hap nya jadi berkali-kali, alias makan banyak ya mba Annadina :) makasih udah mampir ya mba :)

Posting Komentar

 

Erikasari.com - Blog :: Sewing - Cooking - Crafting - Photographing Copyright © 2015 Design by cutelittleowl.com