Rabu, 19 Desember 2012

Banana Rolls

Pisang lagiii...hehehe

Niat awalnya sih pengen nyobain bikin cinnamon rolls, tapi ngelihat masih ada pisang yang matang ya sudahlah diganti pisang aja :)

Saya juga masih pengen lanjutin cerita tentang pisang plantain nih.  Pisang ini memang enak juga dimakan dengan lauk dan sayur.  Pertama kali nyoba waktu masih di Ghana.  Waktu itu kami tinggal di guest house selama beberapa bulan. Karena guest house, otomatis saya nggak pernah masak sendiri.  Semua dimasakin sama chef di guest house tersebut.  Nah salah satu menu yang sering muncul tuh ya pisang plantain goreng.  Awalnya sempat nggak mau nyobain, karena selain pisang biasanya masih ada nasi yang disajikan.  Terus suami bilang "namanya tinggal di Afrika, harus nyobain makan dengan pisang dan lauk pauk, jangan nasi aja". Pikir-pikir iya juga, saya akhirnya nyobain dan bener..enak.  Nggak ada rasa aneh sama sekali, cocok.  Anak-anak juga suka.  Begitu balik ke Abidjan, akhirnya pisang menjadi salah satu menu pilihan.

Kalau kemaren dicampur ke cake, yang ini saya bikin jadi isi roti.  Dicampur dengan palm sugar dan meses mmhh  makin rame rasanya :).  Oh ya buat yang mau nyobain resep ini, pisangnya bisa diganti dengan jenis pisang yang lain ya :)




Bahan-bahan :


250 g tepung terigu
1 sdt ragi instant
1 sdm gula pasir (bisa ditambah  jika suka manis)
2 butir kuning telur
1 sdm susu bubuk
100 ml air dingin
40 g margarine
Seujung sdt garam

Bahan Isi :

1 buah pisang plantain
11/2 sdm palm sugar
11/2 sdm meses

Bahan Olesan:

2 sdm madu
Sedikit air * tergantung kekentalan madunya :)

Finishing :

1 sdm margarine, cairkan.




Karena sering banget bikin roti, saya jadi tau ada satu hal yang sangat penting diperhatikan pada saat bikin roti.  Terutama untuk yang ngadon rotinya pake tangan, seperti saya :)
Menurut saya yang paling penting adalah pada saat penambahan air.  Air yang ditambahkan harus benar-benar pas, karena kalau kurang, adonan nggak lembut, roti juga ikutan nggak maksimal.  kalo kelebihan juga repot, harus ditambah tepung berarti kerja lebih untuk ngadonnya lagi.  capek dehh hehhe.. So..kalau bikin adonan roti, konsentrasi bener  deh saat penambahan airnya :).

Cara membuat roti sebagai berikut :

1.  Siapkan bahan isi : pisang potong kotak kecil, tambahkan gula palem dan meses. Aduk rata. Bagi menjadi 3 bagian.
2.  Siapkan 3 buah loyang muffin (isi 6) , oles tipis dengan margarine.
3.  Campur bahan kering : tepung terigu, gula pasir, susu bubuk dan ragi.
4.  Tambahkan kuning telur dan air, penambahan air sedikit demi sedikit ya..hentikan jika adonan sudah cukup lembut, uleni sampai rata.
5.  Tambahkan margarine dan garam, uleni sampai kalis .
6.  Diamkan sampai mengembang 2 kali lipat (30-45 menit).
7.  Kempiskan adonan, bagi menjadi 3 bagian.  Ambil satu bagian adonan, tipiskan dengan menggunakan roll, taburkan bahan isian dipermukaannya lalu gulung.  Potong menjadi 6 bagian.  Susun setiap potongan dicetakan muffin.  Lakukan untuk 2 bagian adonan yang lain.
6.  Diamkan sampai kembang.
7.  Olesi dengan bahan olesan.
8.  Panggang pada suhu 180 derajat celcius sampai kecoklatan dan matang.
9.  Setelah matang, angkat lalu olesi dengan margarine yang telah dicairkan.








Gimana rasanya? Alhamdulillah semua suka.  Kayaknya mau bikin lagi nih ^_^


Happy cooking ya...

4 comments:

Rina Audie on 19 Desember 2012 22.38 mengatakan...

ngebayangin makan roti ini anget-anget, haduuuhhh nikmat benerrr...

Erikasari on 21 Desember 2012 14.21 mengatakan...

beneeeerr..mak nyusss hehhe..

Annadina on 26 Desember 2012 13.39 mengatakan...

pisangnya ga usah dikukud dulu ya mba?

Erikasari on 27 Desember 2012 09.23 mengatakan...

kebetulan plantain yang saya pakai udah matang banget mba Annadina, kalau dikukus dulu malah lembek banget..tapi kalau pisangnya belum matang banget bisa juga dikukus..ayo coba mba, enak nih :)

Posting Komentar

 

Erikasari.com - Blog :: Sewing - Cooking - Crafting - Photographing Copyright © 2015 Design by cutelittleowl.com