Rabu, 26 Desember 2012

Crochet on Plastic Bottles

Udah lama juga ternyata nggak bercrochet.  Kemaren saya sempat bosen lihat koleksi benang saya yang itu-itu terus.  Beberapa kali nyari benang seperti yang saya mau tapi nggak nemu, hiks.  Sepertinya crochet kurang populer di sini.  Kali ini saya bercrochet dengan memanfaatkan botol bekas. Ntah kenapa saya memang lebih suka memanfaatkan barang bekas untuk crafting.  Menurut saya, barang bekas itu bentuknya sudah jelas, tinggal kreatifitas kita aja mau menjadikannya apa.  Memanfaatkan barang bekas juga berarti mengurangi sampah di rumah lho moms ^_^

Kalau diamati, selalu memanfaatkan barang bekas juga mengajarkan ke anak-anak menjadi lebih kreatif memanfaatkan apa yang ada dilingkungannya.  Anak-anak bisa membuat sendiri mainannya tanpa harus selalu membeli.  Setujukan moms?





Kali ini saya memanfaatkan bagian bawah botol plastik.  Selanjutnya dilakukan crochet sesuai dengan bentuk yang kita inginkan.  Saya juga hanya menggunakan jenis tusuk dasar untuk membuatnya.  Jika mau, anda bisa menggunakan jenis tusuk lain ya moms.





Ukuran botolnya  disesuaikan dengan keinginan.  Bisa dipotong lebih tinggi atau pendek sesuai dengan manfaat yang kita harapkan setelah crochet selesai.





Alhamdulillah, tempat untuk menyimpan karet dan jepit rambut Clara sekarang jadi lebih bagus ^_^



Cara  membuatnya sebagai berikut :



1.  Potong botol plastik (saya memakai botol ukuran 1.8 L).
2.  Lubangi sekeliling bagian atas botol dengan menggunakan kawat dan api lilin.  Belakangan saya baru tau, agar hasil lubang lebih bagus dan tidak hitam disekelilingnya, kawat harus benar-benar panas.  Tapi kalau masih terlihat agak hitam disekeliling lubang, don't worry moms, setelah dicrochet hitamnya nggak terlihat lagi kok :)
3.  Mulai crochet di setiap lubang dengan tusuk sc.
4.  Lanjutkan dengan dc, 2 dc untuk setiap loop di baris pertama.  Baris selanjutnya tinggal melanjutkan.
5.  Setelah dicapai tinggi di yang diinginkan, buat tempat untuk pengikat dengan cara skip 1 loop.
6.  Finishing dengan *1 sc dan 1 dc di satu loop, 2 triple crochet di loop berikut, 1 dc dan 1 sc untuk loop selanjutnya, ulang *
7.  Untuk tali pengikatnya saya hanya menggunakan ch, panjangnya sesuaikan dengan ukuran botol yang telah dicrochet.  Agar lebih manis beri manik-manik di ujungnya.

Mudahkan? hasilnya juga tidak mengecewakan :)

Happy crochet ya..

6 comments:

Rina Audie on 27 Desember 2012 02.02 mengatakan...

cakep tuh hasilnya...
pingin bikin tapi masih angan-angan...
bikinin dong...

Erikasari on 27 Desember 2012 09.20 mengatakan...

coba bikin yuk mba Rina...gampang kok :)

mohamad rivai on 3 Januari 2013 05.59 mengatakan...

kok bagus yak?

aq bisa loh songket, diajarin ibu' q
hahahahaaa..

tapi luama banget bikinnya

Erikasari on 5 Januari 2013 03.49 mengatakan...

makasih :)

mantab tuh bisa bikin songket, ibunya pasti hebat ya mas..

:)

Annadina on 6 Januari 2013 17.48 mengatakan...

Udah lupa caranyaaaa...lama ga ngrochet :(

Erikasari on 6 Januari 2013 23.54 mengatakan...

hihhii lihat di youtube aja mba..saya juga berguru di situ hehehe...

Posting Komentar

 

Erikasari.com - Blog :: Sewing - Cooking - Crafting - Photographing Copyright © 2015 Design by cutelittleowl.com