Selasa, 18 Desember 2012

Cinnamon Banana Cake (no food additives)

Sejak di Abidjan, saya paling seneng mengolah pisang menjadi  makanan lain seperti roti, cake atau sekedar digoreng begitu saja.  Bahkan kadang dimakan sebagai pengganti nasi, enak lho.  Pisang yang  banyak ditemui di sini jenis Plantain.  Pisang ini  termasuk salah satu makanan pokok masyarakat Afrika umumnya. Biasanya digoreng dengan sedikit minyak dan dimakan dengan ikan atau lauk lain beserta sayuran dan sambal.  Menurut Wikipedia, plantain lebih rendah kadar gula dibanding dengan pisang dessert atau pisang yang biasa dimakan langsung.  Tidak heran pisang ini memang lebih yummy jika diolah terlebih dahulu.

Kali ini saya mengolahnya menjadi cake.  Cake ini tidak menggunakan emulsifier dan pengembang.  Alhamdulillah tetap lembut.  Sepertinya saya mulai ingin ngebaking tanpa  kedua bahan ini.  Bisa nggak ya? beberapa kali nyoba sih hasilnya bagus.  cake tetap lembut.  Perlahan-lahan akan tetap saya coba untuk tidak menggunakannya lagi :)





Saat membuat cake ini, saya membayangkan cake yang lembut, wangi, dan permukaannya yang terlihat basah dan manis.  Untuk itu saya menambahkan irisan pisang di atas adonan dan taburan palm sugar berserta cinnamon di atasnya.  Yup...nyam ..nyam, permukaan cake tidak kering, cake juga jadi makin mak nyuss :)


Bahan-bahan yang saya pakai untuk cake :


300 g pisang, haluskan *kemaren saya agak kasar
100 g tepung terigu
75 g gula pasir
4 butir kuning telur
2 butir putih telur
100 g margarine
1 sdt cinnamon
1 sdm susu full cream

Topping

1 buah pisang, iris tipis
2 sdm palm sugar
1/2 sdt cinnamon



Cara membuatnya :

1.  Lapisi loyang yang akan digunakan dengan kertas agar mudah saat mengangkat cake setelah cake matang.  Oles dengan margarine.
2.  Campur dan ayak tepung terigu, susu  dan cinnamon, sisihkan.
3..  Kocok putih telur sampai kaku, sisihkan.
4.  Kocok margarine dan gula pasir sampai benar-benar lembut (15 menit).
5.  Masukkan kuning telur satu persatu, kocok terus  sampai lembut.
6.  Masukkan tepung terigu  yang telah diayak bersama cinnamon aduk rata dengan spatula.
7.  Masukkan putih telur, aduk agak lama sampai adonan benar-benar  rata.
8.  Masukkan pisang yang sudah dihaluskan, aduk hingga rata.  Untuk pisang mengaduknya jangan terlalu lama, cukup sampai adonan rata.
9. Tuang ke loyang yang telah dilapisi kertas dan dioles margarine. Beri irisan pisang di atasnya lalu taburan palm sugar yang telah dicampur dengan cinnamon
8.  Panggang sampai matang, 185 derajat celcius, kurang lebih 35 menit.




Setelah matang, langsung jepret-jepret karena nggak sabar pengen cobain.  Alhamdulillah , puass...capek hari ini terbayar lunas,  duduk santai sambil nikmati cake ini * bagian yang ini mah lebay hehhe..


Happy cooking ya ^_^

4 comments:

Rina Audie on 19 Desember 2012 pukul 00.20 mengatakan...

wah idem nih suka nggadoin pisang buat pengganti nasi. Aku doyan banget sama pisang.
setelah baca resepnya jadi ngiler nih, cleguk....

Erikasari on 19 Desember 2012 pukul 00.48 mengatakan...

hihihi..aku lagi suka banget olah pisang nih say, manisnya beda sih..yukk kita tukeran, aku bikin yang pake ketannya ya hehe

Unknown on 26 Desember 2012 pukul 13.45 mengatakan...

enak & harum nih pasti...sayang anakku ga gitu mau cinnamon padahal aku suka :(

Erikasari on 27 Desember 2012 pukul 09.25 mengatakan...

kalau pake cinnamonnya dikit aja ketahuan nggak ya mba hehehe...boleh dicoba loh mba, siapa tau si kecilnya nggak nyium banget bau cinnamonnya, makasih ya mba :)

Posting Komentar

 

Erikasari.com - Blog :: Sewing - Cooking - Crafting - Photographing Copyright © 2015 Design by cutelittleowl.com