Selasa, 27 November 2012

Kari Daging Sapi (Aceh)


Sebagai pasangan dari Sumatera, makanan gulai dan kari pastinya sudah tidak asing lagi buat kami.  Kalau nggak mikir kesehatan dan repotnya ngedapati santan, mungkin udah sering banget nih masak makanan ini ^_^

Kali ini saya nyobain Kari Aceh.  Udah sering dengar sih  tentang enaknya kari dari kota ini tapi belum pernah makan.  Dan kemaren terbukti, karinya istimewa.  Harum rempahnya udah pasti,  tapi  kental santannya bener-bener bikin beda,  mungkin karena ada penambahan kelapa gonseng pada bumbu halus.

Pokoknya penyuka gulai dan kari kudu, harus, wajib nyobain masakan yang satu ini, dijamin nagih hehe..




Resep saya dapat dari teman di facebook. Mba Hasnidar Abdul Gani makasih resepnya...karena resep ini kemaren jadi ada Kari Aceh di Ivory Coast.  pastinya sesuatu banget ^_^


Bahan-bahan :


500 g daging sapi/kambing, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, sisihkan
2 sendok makan cabe merah bubuk *saya makai cabe bubuk made in Lebanon, nggak pedes warnanya juga kurang merah :(
4 siung bawang merah iris tipis
Daun Kari 5-6 helai
Kayu manis
Cengkeh
Kapulaga
Serai 2 batang, di geprek
300 ml santan

Bumbu halus :

3 sdm kelapa gonseng
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 cabe merah
1 sdm ketumbar
1 sdt merica
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
2 buah kemiri
sedikit lengkuas
sedikit adas dan jintan

Caranya :

1.  Blender semua bumbu halus.
2. Campur bumbu dengan daging, diamkan selama 15 menit.
3.  Tumis bawang merah iris sampai kekuningan dan harum.  Masukkan daun kari.  masukkan bubuk cabe yang telah diberi sedikit air.
4.  Masukkan daging yang telah dilumuri bumbu halus, kayu manis, cengkeh, kapulaga dan serai.  Masak dengan api sedang sampai daging agak matang dan berubah warna.
5.  Masukkan santan. Masak sambil sesekali di aduk.
6.  Masak terus sampai kuah kental dan berminyak. Jangan lupa dicek rasanya.




Oh ya,  dengan resep ini saya perdana ikutan challenge di idfb dapat ini deh..





Suka banget lihat logo ini, bawannya laper terus :)

Ada yang bisa nebak, berapa piring nasi yang saya habiskan dengan kari ini ? hehhe..


Happy cooking ya ^_^

6 comments:

Rina Audie on 27 November 2012 03.03 mengatakan...

pasti enak banget nih dimakan pake nasi anget...

Erikasari on 27 November 2012 03.26 mengatakan...

bener banget mba Rina...nambah terus nasinya, lupa ama berat badan deh :)

nickeJJ on 27 November 2012 05.28 mengatakan...

ada daun kari disana ?.....

Erikasari on 27 November 2012 07.33 mengatakan...

ada teh, tetangga yang dari Indonesia juga, bawa terus ditanam di halaman apartemen :)

Ummu Fatima on 28 November 2012 11.10 mengatakan...

wah, bumbu2nya lengkap banget Mbak....semuanya bawa dr indonesia ya...

Erikasari on 29 November 2012 04.32 mengatakan...

nggak Ummu Fatima...di sini ada jual made in Lebanon, mungkin karena di sini banyak orang lebanon jadi banyak dijual bumbu masaknya :)

Posting Komentar

 

Erikasari.com - Blog :: Sewing - Cooking - Crafting - Photographing Copyright © 2015 Design by cutelittleowl.com