Sabtu, 24 November 2012

Choco Chips Donut

" Mama bikin apa , Ma?" Tanya Tegar tadi pagi, saat saya lagi uprek-uprek di dapur.   " Bikin donut" jawab saya , dia langsung  " Uhhuuuyyy..." ..hehhe saya memang udah lama nggak ngedonut.  Kali ini donutnya saya campur dengan sedikit choco chips.  Kalau coklat mah, pastinya enak lah ya...apalagi di donut, nyam..nyamm...^_^






Bahan-bahan :

250 g tepung terigu
1 sdm gula pasir *bisa ditambah jika suka manis
1 sdm ragi instant
1 butir kuning telur
100 ml air
1 sdm margarine
11/2 sdm choco chips *bisa ditambah sesuai selera
Minyak untuk menggoreng


Cara membuatnya :

1.  Campur rata tepung terigu, gula pasir, ragi instant dan choco chips.
2.  Tambahkan kuning telur, adon rata.
3. Tambahkan air sedikit demi sedikit, hentikan jika adonan sudah cukup lembut.
4. Masukkan margarine, uleni hingga kalis.  Tutup dengan serbet, diamkan hingga adonan mengembang 2 kali (30-45 menit).
5.  Kempiskan adonan, bagi sesuai besar donut yang diinginkan, bulatkan.  Saya lagi pengen membuat donut yang ukuran kecil, adonan saya bagi menjadi 18 buah.
6.  Panaskan minyak dengan api sedang cenderung kecil.  Saat nunggu minyak panas, donut akan kembang.
7.  Lubangi donut dan langsung di goreng hingga kecoklatan.


Untuk hasil yang bagus, bisa menggunakan cetakan donut.  Nah, kebetulan saya nggak punya cetakannya dan ini nih yang biasanya saya lakukan agar hasil donut meski nggak sebagus pakai cetakan, tapi juga nggak jelek-jelek amat ^_^

1.  Untuk melubanginya saya memakai cutter bento yang alfabet, tepatnya yang huruf O.  Melubanginya sesaat sebelum dimasukkan ke penggorengan.
2.  Setelah dimasukkan ke penggorengan, gunakan tusuk sate, masukkan ke lubang donut, putar-putar agar lubangnya tetap bulat.
3.  Kalau memakai gula tepung untuk toppingnya, masukkan beberapa sendok gula tepung ke kantong plastik putih, donut yang masih hangat masukkan ke dalam plastik, tutup plastik dengan tangan lalu guncang plastik agar gula menempel di donut.  Ambil donut masukkan lagi ke plastik lain yang kosong, guncang kembali maksudnya agar gula menempel rata tanpa ada bagian yang lebih tebal gulanya.  Karena mau difoto, bagian atas donut saya beri gula lagi :)
4.  Donut siap disajikan.







Happy cooking ya  ^_^

4 comments:

analisa on 25 November 2012 pukul 18.20 mengatakan...

mba, dirimu rajin sekali... crafting n baking jalan semua... semoga ak ketularan good habitmu yaa...

Erikasari on 26 November 2012 pukul 00.28 mengatakan...

Aamminn....makasih Analisa Ummu Abel,anak-anak saya udah pada sekolah ..jadi saya punya waktu untuk nyoba-nyoba baking n crafting....dirimu juga pasti bisa say, baking saat Abel tidur, crafting bareng Abel...waahh pasti seru tuuhh...hehehe..makasih ya :)

Rina Audie on 27 November 2012 pukul 00.51 mengatakan...

waaa...rajin bikin donat gini nih. Aku dah lama nggak bikin donat....

Erikasari on 27 November 2012 pukul 01.54 mengatakan...

habis anak-anak suka mba Rina Audie..kepaksa deh heheh..

Posting Komentar

 

Erikasari.com - Blog :: Sewing - Cooking - Crafting - Photographing Copyright © 2015 Design by cutelittleowl.com