Senin, 05 November 2012

Olie Ballen Kacang Mede

Namanya lucu ya....

Pertama  saya suka namanya , yang kedua dan yang paling penting nih, saya juga suka cara membuatnya, gampang banget hehhe...
Resep ini saya dapat dari Dapur Manis nya mba Rina Audie. Begini nih enaknya punya temen yang pinter masak ya moms, bisa contek sana-sini hehhe...

Mba Rina Audie, saya comot resepya ya ...sekalian ijin sharing juga :)

Resep aslinya makai kismis dan sukade.  Karena anak-anak nggak suka kismis dan saya juga nggak punya sukade, saya ganti dengan kacang mede.  Enak juga :)





Buat yang ingin coba dengan kismis dan sukade ini resep aslinya :

Bahan-bahan :

225 g tepung terigu
1 sdm gula pasir
1 sdm ragi instant
Garam secukupnya
1 butir telur ayam
175 ml susu hangat
50 g kismis, rendam air hangat dan tiriskan
100 g sukade
Minyak untuk menggoreng

Taburan :

Gula halus dan bubuk kayu manis


Cara membuatnya :

1.  Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instant, garam dan telur, uleni dengan tangan sambil dituangi susu hangat sedikit demi sedikit.
2.  Uleni selama 10 menit.  Adonan akan kental, pekat dan lengket.
3.  Masukkan kismis dan sukade, uleni rata.
4.  Tutup adonan dengan serbet basah diamkan selama 45 menit sampai kembang 2 kali.
5.  Kempiskan adonan.
6.  Goreng dengan cara menggunakan 2 buah sendok yang telah diolesi minyak goreng.
7.  Sajikan dengan bahan taburan.


Nah..tambahan dari saya ..

Kismis dan sukade tidak saya pakai, saya ganti dengan 50 g  kacang mede yang udah siap pakai, di iris-iris kecil.  Saya juga menambahkan 1 sdm susu bubuk.





Happy cooking ya moms ^-^

4 comments:

Rina Audie on 5 November 2012 03.26 mengatakan...

foto yang dibawah itu keliatan bagian dalam yang emfuk menul-menul...
ya Allah bikin kepincut bener pingin nyaplok...

ERIKA SARI on 5 November 2012 03.29 mengatakan...

hihiihi..dirimu bikin aku senyum-senyum sendiri deh hehhe...cobain pakai choco chips kayaknya enak juga ya...coba lagi yuuukk :))

Autis Menawan (Ayu M) on 30 November 2012 07.16 mengatakan...

Mbak, 1 sdm ragi instan tu kira kira sama gak dgn 1 sachet ragi instan ukuran 11 gram?
Mohon pencerahannya.. :)

Erikasari on 1 Desember 2012 13.08 mengatakan...

beda mba Autis menawan, satu sendok makan itu kalo nggak salah sih sekitar 7 gram ragi instant, semoga membantu ya :)

Posting Komentar

 

Erikasari.com - Blog :: Sewing - Cooking - Crafting - Photographing Copyright © 2015 Design by cutelittleowl.com