Selasa, 02 Oktober 2012

Donut & Roti Bunga

Beberapa waktu yang lalu temen di facebook berbagi tautan tentang ngebentuk roti menjadi seperti bunga.  Menarik banget, dari fotonya juga terlihat mudah cara membuatnya.  Saya jadi pengen coba.  Kebetulan saya juga ada nonton acara Guy's Big Bite di food network, nah..si chefnya membuat menu (lupa namanya) memakai adonan roti.  Waktu itu ada perlakuan khusus ke raginya yang agak beda dari yang biasa saya buat.  Ragi dicampur dengan air hangat dan sedikit gula pasir lalu dibiarkan sampai kembang, baru digunakan.  Karena kemaren anak-anak mintanya donut saya coba ke donut dulu, setelah itu baru saya coba untuk roti.



Bahan Roti/donut

Ragi :

1 sdm rata ragi
1/2 sdm gula pasir
100 ml air hangat


250 g tepung terigu
1 sdm gula pasir
2 butir kuning telur
50 ml air dingin (gunakan seperlunya, saya hanya kepakai setengah)
50 g margarine
Garam secukupnya

Bahan olesan untuk roti

1 kuning telur
2 sdm susu cair

Cara membuatnya :

1.  Ragi :  campur semua bahan lalu diamkan sampai ragi kembang (kurang lebih 10-15 menit).
2.  Campur tepung terigu dan gula pasir.
3.  Masukkan ragi yang sudah kembang ke dalam tepung, aduk rata.
4.  Tambahkan kuning telur, aduk rata, tambahkan air secukupnya sampai adonan lembut.
5.  Masukkan margarine dan garam, aduk dan uleni hingga kalis. Diamkan hingga adonan mengembang 2 kali.
6.  Kempiskan adonan lalu bentuk, seperti foto berikut




7.  Diamkan hingga adonan kembali kembang (kurang lebih 20 menit)
8.  Goreng jika ingin dijadiin donut, atau panggang jika ingin roti, sebelum dipanggang diberi bahan olesan dulu ya..


Jadinya seperti ini nih, meski belum rapi bener bentuknya tapi saya udah seneng lihat bentuk donutnya beda dari biasa..lembut juga ^^







Untuk roti saya isi dengan meses, roti lembut dan mulus ^^






Saya akan mencoba lagi cara ngeroti ini, karena sepertinya saya belum melihat hasil yang sangat berbeda  dengan cara ngeroti yang biasa saya buat, mungkin karena baru pertama kali nyobain cara ini.

Buat yang suka nyobain ngeroti dengan berbagai metoda, bisa cobain cara ini...hasilnya donut dan roti lembut dam mulus.


Happy cooking ^^



4 comments:

Rina Audie on 2 Oktober 2012 pukul 02.33 mengatakan...

membayangkan keluar dari oven anget-anget, nyammmm...

Insya Allah mau bikin roti juga, buat setoran di fb, hihi...

Erikasari on 4 Oktober 2012 pukul 02.19 mengatakan...

bener mba Rina..nyam-nyam..heheh..sip..sip..ditunggu hasilnya mba :)

Novi Kurnia on 4 Oktober 2012 pukul 17.57 mengatakan...

Bikinnya ternyata sederhana aja, tapi udah beda, ya.

Fotonya keren keren, Mba ^^ Jernih.

Erikasari on 5 Oktober 2012 pukul 01.38 mengatakan...

bener nov...nggak susah kok bikinnya, ayo cobain, makasih...untuk foto masih belajar terus dan teruuuusss hehhee...

Posting Komentar

 

Erikasari.com - Blog :: Sewing - Cooking - Crafting - Photographing Copyright © 2015 Design by cutelittleowl.com